SEBAIKNYA KUNJUNGI BLOG SAYA :

BLOGBEGO CREATION




Email dengan Domain sendiri

Pada umumnya Nama Blog kita diikuti penyedia layanan contohnya "Balaitajuk.Blogspot.com". Biar kelihatan sedikit Kren, mengapa kita tidak mempergunakan fasilitas yang ada gratis lagi dan sekarang hal ini sudah banyak blogger yang menggunakan domain tersebut yaitu CO.CC. Apalagi co.cc sendiri memberikan layanan domain gratis meskipun banyak juga yang membayar (donate) dan memiliki layanan Domain Name Service (DNS) yang memungkinkan untuk penggunanya bisa memanfaatkan domain yang diperoleh sesuai dengan kebutuhannya termasuk setting email dengan domain kamu sendiri misalnya *INFO@ALAMBALI.CO.CC   untuk itu mari kita ikuti cara - cara di bawah ini :

a. Bikin Email dulu bagi yang belum punya.
b. Bikin Blog dulu bagi yang belum punya (atau lihat postingan saya terdahulu)
c. Kalau semuanya telah siap tersedia, marilah kita mulai bergerak untuk mencapai tujuan, caranya :


1. Masuk dulu ke CO.CC atau bisa (Klik disini
selanjutnya ketik Nama Domain yang anda inginkan (contoh Blog saya "ALAMBALI.CO.CC"), terus klik cek ketersediaan, andaikata tidak tersedia ulangi lagi dengan Nama Domain yang lain sampai ada kata TERSEDIA. 



Setelah domain yang anda inginkan tersedia lakukan pendaftaran / sign up, untuk anda yang belum mempunyai account di co.cc (create new user), tapi kalau sudah punya account, anda bisa langsung sign in




Selanjutnya, setelah anda login maka ada pemberitahuan bahwa domain tadi sudah didaftarkan untuk anda, namun apabila dalam 48 jam tidak di set up maka secara otomatis domain anda tersebut akan di batalkan.



Selanjutnya anda klik tombol setup maka anda akan masuk ke halaman settup domain anda, sampai disini anda biarkan dulu halaman co.cc ini terbuka, (jangan ditutup, akan kita lanjutkan nanti)
Kita berpindah dulu ke google.



Nah sekarang anda buka layanan google apps (klik disini) untuk membuat email dengan domain anda yang di co.cc . Setelah anda masuk ke google aps Pilihlah Administrator: I Own Control this Domain setelah itu masukan domain yang anda buat tadi dikolom enter your domain name lengkap dengan www nya, lalu klik Get Started.



Setelah itu anda akan masuk ke dalam halaman setup isikan data anda pada form seperti yang diminta lalu klik continue





Lalu anda akan di bawa ke Step 3, pada tahap ini diminta username yang digunakan untuk mengakses email anda (sebagai administrator) dan masukan pasword yang anda inginkan - disini saya pakai contoh : INFO@ALAMBALI.CO.CC -
Selanjutnya klik tombol I accept. Continue with set up.

Pada tahap berikutnya anda akan memasuki halaman Dashboard Google Apps untuk domain yang tadi sudah anda buat. Halaman ini dapat anda akses melalui alamat https://www.google.com/a/domainmu.co.cc contohnya untuk domain saya "alambali.co.cc menjadi https://www.google.com/a/alambali.co.cc. 

Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan setup, dan yang pertama adalah melakukan verifikasi kepemilikan domain. lalu klik pada link Verify domain ownership (lihat gambar)


Setelah itu anda memasuki halaman verifikasi kepemilikan domain. Disni ada dua metode yang dapat anda pilih, namun untuk saat ini adalah keperluan penggunaan dengan domain Co.CC, di sini anda pilih Change your CNAME record (pada kolom pilihan yang disediakan). Di sini anda diberikan petunjuk untuk melakukan verifikasi dengan metode tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah nama CNAME yang harus dibuat untuk di setup di halaman co.cc yang anda biarkan terbuka tadi, untuk itu copylah code tersebut. 
Sampai disini jangan klik verify dulu, tapi copy lah point no 2 dan no 3. (lihat gambar di bawah ini)




Setelah itu masuklah kembali ke halaman co.cc yang anda biarkan tadi terbuka, klik no.2 atau zone record. 


Lalu paste kan poin no.2 (yg di google apps) ke dalam kolom host ditambah. domainmu.co.cc pada add record anda contoh : punya saya googlef9db3876c8d5b4f.alambali.co.cc dan ubah menjadi CNAME pada kolom type/pri, Copy poin no.3 ke kolom value atau isikan google.com pada kolom value, setelah itu klik add record (lihat gambar)
Tetap biarkan terbuka ...!!! 

Kemudian anda ke halaman setup di Google Apps yang anda biarkan terbuka tadi, sekarang anda bisa klik tombol Verify
Kemudian anda akan kembali ke halaman Dashboard dan mendapat pemberitahuan bahwa sedang dilakukan pengecekan kepemilikan domain dan ini bisa memakan waktu sampai 48 jam. Namun biasanya waktu yang diperlukan tidak selama itu, malahan saya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. 
Sambil menunggu, mari kita lanjutkan langkah yang dapat dilakukan berikutnya yaitu aktivasi email anda. 
Klik link Activate email pada bagian Service setting di Dashboard.



Pada halaman berikutnya ini, anda akan diberikan petunjuk untuk membuat setup MX record pada pengaturan domain yang anda miliki, dalam hal ini ada di co.cc. Di sini anda diperlihatkan tabel yang berisi daftar MX server Address beserta nilai prioritasnya yang harus dimasukkan sebagai MX record. Yang harus anda perhatikan adalah urutan prioritas ini telah diatur oleh Google, dan kita tidak diperbolehkan mengubah urutan prioritas server. Jika harus mengubah nilai ini, maka harus tetap menjaga urutan prioritas yang diberikan.

Sebelum anda klik tombol yang ada, kembalilah ke halaman pengaturan domain co.cc terlebih dahulu. Lalu pada halaman pengaturan domain, kita akan menambahkan MX record dan prioritasnya sesuai yang diberikan oleh Google di atas. Untuk setiap record yang di input caranya sama. Untuk Host, masukan nama domain Anda, misalnya alambali.co.cc pada kolom Type/Pri pilih MX dan pada kolom Priority isi sesuai yang diberikan Google di atas, misalnya 10. Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM. Lalu kemudian kalian klik tombol Add Record.
Lakukan hal yang sama untuk record yang lainnya sampai selesai. 

Jika sudah, kembali ke halaman Google Apps dan klik tombol I have completed these steps lalu anda akan dibawa kembali ke Dashboard Google Apps.

Selanjutnya, pada Dasboard bagian Service settings, klik pada link Email.  Klik link Change URL. Pada halaman berikutnya, Anda dapat memilih untuk mengubah alamat akses email yang mungkin akan memudahkan pengguna mengingat alamat login ke email. 

Di sini misalnya untuk domain alambali.co.cc dibuatkan alamat akses http://mail.alambali.co.cc. Jika tidak dibuatkan, maka alamat untuk mengakses hanya http://mail.google.com/a/alambali.co.cc. Jika sudah, klik Continue.

Selanjutnya, anda akan mendapat petunjuk lagi untuk menambahkan CNAME record untuk peng-alamatan akses email anda tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah point ke-3 dan ke-4.

Selanjutnya anda kembali ke pengaturan domain co.cc untuk menambahkan CNAME record ini dengan cara yang sama ketika menambahkan CNAME record pada saat verifikasi kepemilikan domain. 

Di halaman pengaturan domain co.cc, masukkan alamat akses email pada bagian Host, misalnya info.alambali.co.cc. Pada Type/Pri pilih CNAME dan untuk Value masukkan apa yang diberikan Google pada point ke-4 yaitu ghs.google.com. Selanjutnya klik Add record (lihat gambar). Lalu kembalilah ke halaman Google Apps, klik tombol 
I’ve completed these steps

Hal yang sama dapat diterapkan pula untuk mengubah alamat layanan lain yang diberikan Google Apps.

Lalu kembalilah ke Dashboard, coba anda perhatikan status service yang ada terutama Email. Kemungkinan pada saat ini statusnya masih Updating. Proses ini memerlukan waktu untuk updating meskipun tertulis sekitar 1 jam, tapi bisa saja lebih dari itu. Saat ini langkah-langkah setup Email sudah selesai, tinggal menunggu prosesnya untuk dapat di akses. 

Ketika proses selesai, Anda dapat mencobanya dengan mengakses http://mail.(domainmu).co.cc, dan jika sudah bisa, dapat dipastikan anda saat ini sudah dapat menggunakannya, dan contohnya lihat gambar 




0 komentar pada “Email dengan Domain sendiri”

BERIKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK DAN SANTUN
BUKAN SPAM - PORNOGRAFI MAUPUN MASALAH ETHNIS / SARA

TAMBAHKAN KOMENTAR DENGAN EMOTICON :
DENGAN KODE ALFABET < :a s/d :z >

 

Copyright  ©  TIPS BLOGBEGO

site meter

Template by Blogger templates
Powered by Blogger